Home » » Pengertian Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

Written By Anonymous on Selasa, 20 Maret 2012 | 15.31


Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwa Ddarmita, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih sendiri artinya perasaan sayang atau acinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.

Cinta kasih memegang peranan penting didalam kehidupan manusia, sebab cinta kasih merupakan daras kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta menjadi pengikat manusia dengan Tuhannya, sehingga manusia menymbah tuhan dengan ikhlas, mingikuti perintahNya, serta berpegang teguh pada syariatnya.
Sedangkan kasih sayang dapat diartikan sebagai perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang. Didalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka singga kedunya merupakan satukesatuan yang bulat dan utuh.

Kasih sayang merupakan dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komunikasi antara anak dan orang tua pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tidak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubungna yang harmonis akan terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak.

Adanya kasih sayang ini mempengaruhi anak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayangnya bermacam-macam, demikian pula sebaliknya. Dari cara pemberian cinta kasih dapat dibedakan :
  1. Orang tua bersifat aktif fan sianak bersifat pasif
  2. Orang tua bersifat pasif dan sianak bersifat aktif
  3. Orang tua bersifat pasif dan sianak bersifat pasif
  4. Orang tua bersifat aktif dan sianak bersifat aktif

Opini saya :

Pengertian Cinta kasih adalah adanya rasa sayang dan suka kepada keluarga, teman, kerabat, kekasih dan Tuhan. Dan cinta kasih itu memberi dengan tulus bukan dengan dengan paksaan. Cinta kasih sangat penting dalam kehidupan ini, tidak ada orang yang tidak membutuhkan cinta kasih, semua orang membutuhkan itu karena cinta kasih sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi, dari hal kecil seperti dengan ibu atau ayah atau adik, tidak mungkin kita tidak mencintai dan mengasihi mereka.

Ada perbedaan sedikit menengenai cinta kasih kepada keluarga dan cinta kasih terhadap kekasih. Cinta kasih kepada keluarga itu bersifat permanen, artinya tidak akan hilang sampai akhir hayat karena dari kita bayi sampai kita tua nanti kita akan tetap mencintai dan mengasihi keluarga kita. Tetapi kalau dengan kekasih cinta kasih adalah perasaan yang bersifat temporer atau masih bisa hilang seiring berjalannya waktu kecuali untuk yang sudah menikah. Tetapi setiap pandangan orang itu berbeda-beda saya berpendapat seperti ini karena saya melihat langsung dari lingkungan sekitar saya. Cinta kasih dapat disalurkan melalui tidakan seperti memberi perhatian, pengertian, kejujuran dan pengorbanan.

Share this article :

1 komentar:

  1. mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

My University

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Taeganger - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger