Home » » Pengertian Keindahan

Pengertian Keindahan

Written By Anonymous on Rabu, 04 April 2012 | 04.55

Ditinjau dari segi bahasa, Keindahan berasal dari kata Indah, diartikansebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahanidentik dengan kebenaran. Keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah keindahan. 

Keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan.Keindahan dalam arti estetika murnimenyangkut pengalaman estetik seseorangdalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.Keindahan dalam artiterbatas mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkutbenda-benda yang dapat diserap dengan Indera Penglihatan, yakni berupakeindahan bentuk dan warna.

Nilai Estetik menurut Teori The Liang Gie menjelaskan bahwa, pengertiankeindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilaiekonomi, nilai Pendidikan, dan sebagainya.
Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diammemikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renunganadalah hasil merenung.

Keserasian berasal dari kata serasi; serasi dari kata dasar Rasi artinya cocok,sesuai, atau kena benar. Kata cocok, sesuai atau kena benar mengandung unsurpengertian perpaduan, ukuran dan seimbang.

Kehalusan berasal dari kata Halus artinya tidak kasar (perbuatan) lembut,sopan, baik (budi bahasa), beradab. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus,kesopanan dan atau keadaban.

Menurut sejarah Yunani kuno abad 18, pada saat itu pengertiankeindahan telah di pelajari oleh para Filsuf. Menurut The Liang Gie dalambukunya “Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan), dalam bahasa InggrisKeindahan diterjemahkan dengan kata “Beautiful ”,bahasa Perancis “ Beau”,Italia dan Spanyol “Bello”, kata-kata itu berasal dari bahasa Latin“Bellum”,akar katanya adalah “Bonum” yang berarti Kebaikan kemudian mempunyaibentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan terakhir dipendekkan menjadi “bellum”. Kemudian menurut luascakupannya, Keindahan dibedakanmenjadi tiga macampengertian, yaitu :

•   Keindahan Dalam Arti Luas 
Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Untuk ini bisa dilihat misalnyadari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah danhukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatuyang baik dan juga menyenangkan; Plotinus yang berbicara tentang ilmuyang indah dan kebajikan yang indah atau bisa pula disimak dari apayang biasa dibicarakan oleh orang-orang Yunani mengenai buah pikiranyang indah dan adat kebiasaan yang indah. Tetapi bangsa Yunani jugamengenal pengertian keindahan dalam arti estetik disebutnya “Syimmetria”, untuk keindahan berdasarkan pengelihatan. (misalnyapada seni pahat dan arsitektur) dan “Harmonia” untuk keindahanbedasarkan pendengaran (musik).Jadi pengertian yang seluar-luasnya meliputi :
O Keindahan Seni
O Keindahan Alam
O Keindahan Moral
O Keindahan Intelektual

•   Keindahan Dalam Arti Estetika Murni 
Hal ini murni menyangkut pengalaman estetik seseorangdalam hubungannya dengan segala  sesuatu yang diserapnya.
•   Keindahan Dalam Arti Terbatas 
Keindahan dalam arti terbatas mempunyai arti yang lebihdisempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dapatdiserap dengan Indera Penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk danwarna.Filsuf seni merumuskan keindahan sebagai kesatuanhubungan yang terdapat antara penerapan-penerapan inderawi kita( Beauty is unity of formal realitions of our sense percepctions ).

Artikel yang saya dapat mengenai keindahan dapat di klik disini

Opini saya :
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

My University

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Taeganger - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger