Kepercayaan merupakan hal yang
penting karena membantu mengatur kompleksitas, membantu mengembangkan kapasitas
aksi, meningkatkan kolaborasi dan meningkatkan kemampuan pembelajaran
organisasi. Kunci yang sangat penting dalam membangun kepercayaan yang tinggi
dalam organisasi adalah pencapaian hasil, bertindak dengan integritas, dan
pendemonstrasian perhatian. Peningkatan tingkat kepercayaan membutuhkan
keseimbangan dari hal-hal penting yang telah tersebut di atas, meskipun ada
konflik di antara para pihak dalam organisasi. Tindakan penyeimbangan
membutuhkan desain organisasi yang dapat mendukung kepercayaan, baik struktur
organisasi maupun budaya tidak formal (Shaw,1997). Berdasarkan uraian tersebut
timbul suatu pertanyaan. Apa definisi atau pengertian kepercayaan? Dalam hal ini
akan dikemukakan definisi atau pengertian kepercayaan menurut pendapat para
ahli atau pakar, antara lain : (1) Das dan Teng (1998) memberikan definisi atau
pengertian kepercayaan (trust) sebagai derajat di mana seseorang yang percaya
menaruh sikap positif terhadap keinginan baik dan keandalan orang lain yang
dipercayanya di dalam situasi yang berubah ubah dan beresiko. (2) Rousseau et
al, (1998) memberikan definisi atau pengertian kepercayaan sebagai bagian
psikologis yang terdiri dari keadaan pasrah untuk menerima kekurangan
berdasarkan harapan positif dari niat atau perilaku orang lain. (3) Mayer
(1995) memberikab definisi kepercayaan dalam definisi yang lain dinyatakan
sebagai keinginan suatu pihak untuk menjadi pasrah/menerima tindakan dari pihak
lain berdasarkan pengharapan bahwa pihak lain tersebut akan melakukan sesuatu
tindakan tertentu yang penting bagi pihak yang memberikan kepercayaan, terhadap
kemampuan memonitor atau mengendalikan pihak lain. (4) Doney et.al. (1998)
memberikan definisi atau pengertian kepercayan sebagai sesuatu yang diharapkan
dari kejujuran dan perilaku kooperif yang berdasarkan saling berbagi
norma-norma dan nilai yang sama .
Artikel yang membahas tentang kepercayaan bisa dilihat disini
Pendapat saya : dari artikel tersebut ditegaskan bahwa dalam kehidupan sosial ataupun bisnis yang paling berharga adalah adanya kepercayaan. Dengan kepercayaan kita bisa mendapatkan rekan bisinis yang mau meminjamkan uangnya untuk membantu bisnis kita. Dan juga dengan kepercayaan, para pelanggan atau pembeli tidak akan kabur dari kita.
0 komentar:
Posting Komentar